Selasa, 17 April 2012

Garut Kota Dodol dan Kulit - Kali ini saya akan menceritakan perjalanan touring saya ke garut bersama Byonic Jakarta Selatan atau sebut saja Byonic Jantan. Touring ini merupakan touring keempat saya bersama mereka dan untuk kali ini touring perdana di tahun 2012 dan merupakan touring wajib bagi anggota baru Byonic Jantan.

Touring kali ini dilakukan pada tanggal 14-15 April 2012. Ini merupakan touring pertama Byonic Jantan melebihin angka 20 motor byson yang ikut. total keseluran yang ikut ada sekitar 26 motor yang mengikuti kegiatan touring ini. diataranya 24 kebo atau Byson, 1 vario dan 1 jupiter MX. wah wah.. banyak juga, saya pun kaget ketika melihat yang ikut sangat banyak.

Tikum pertama berada di beskem byonic jantan yaitu di fatmawati dekat pomp bensin petronas. Saat itu saya belum hadir.. alias masih tertidur dikasur saya. what the....!!!! katanya mw touring tapi ko masih tidur... Yah saya terlambat bangun, saya bangun jam 8 pagi dan ketika melihat jam sudah jam 8 saya berpikir mungkin saya sudah ditinggal dan langsung saja sms ke smua nomor anak byonic "Woi.... tungguin gw.. !!!!!". kacau... kacau.. kacau.... telat 1 jam nih, dan ternyata mereka benar2 menunggu saya di pomp bensin Jl. TB. simatupang dan berangkat jam 8.30. terima kasih teman-teman heeee... maaf yah..

untuk perjalanan ke garut kami melewati jonggol, cimahi, bandung, lalu garut. total perjalan ke garut adalah 9 jam. waw lama sekali...... ko bisa yah padahal sebenarnya bisa ditempuh sektar 5-6 jam dengan sekali berhenti. yah itu jika 2 atau 3 motor yang berangkat dan batas kecetapan bisa melebihi 70km/jam. Tapi bagaimana dengan rombongan dan itu lebih dari 20 motor tentu akan membuat penuh jalan bukan..!! dan kecepatanpun tentu hanya 50-65 km/jam. Lalu kondisi jalanan bandung yang setiap hari sabtu tentu Macet. selain itu juga kami dihadang hujan selama 2 jam di cimahi dan terpaksa harus berhenti dan tidak melanjutkan perjalan karena salah satu anggota byonic jantan ada yang membawa anaknya yang masih balita.

sesampai digarut sudah sore dan malamnya dilanjutkan dengan kopdar bareng Byonic Garut. Untuk informasi tentang byonic garut bisa kunjungi fanpage byonic garut. Kopdar malam minggu saat itu berada di sekretariat byonic garut, biasanya kopdar di adakan di alun-alun, tapi untuk saat itu tidak karena sedang ada acara disana dan jalananpun akan ramai tentunya, dan byonic garut menghargai itu. wah ternyata byonic garut santun juga yah sama daerahnya.

ada yang mengejutakan dari kota garut selain terkenal dengan dodol dan jaket kulitnya. jika kalian pernah nonton Fast and Farious Tokyo Drift makan digarut ada Garut Drift, yah itulah pasti akan langsung tw, disana ternyata beberapa orang sering melakukan Drift. yang lebih hebatnya lagi, bukan cuma mobil pribadi tapi juga Angkot dan Mobil Pick UP... SAAADDDIIISSS...... ketika kopdar di sekretariat garut saya melihat angkot sedang latihan Drift dijalanan yang cukup sepi. saya tidak tahu maksdnya apa, ingin menunjukan didepan kami atau memang sekedar hoby. Ketika rolling pun setelah hujan reda dan berhenti di salah satu bundaran untuk menunggu rekan kami yang menyusul, ternyata mobil pick up juga menujukan kebolehanya dengan mencoba Drift di tengah bundaran. Bunyi gesekan ban dan jalanan menjadi ciri khas dari Driftpun terdengar.... wah seru seru seru juga ini kota garut.

Tempat wisata digarutpun tidak kalah indahnya. esok harinya kami dikawal byonic garut untuk pergi ke Puncak Darajat. Daerah wisata ini wajib kalian kunjugi jika pergi kegarut, selain pemandanganya yang indah dan dikelilingi gunung dan kebun strobery juga ada pemandian kolam air panas. benar-benar sejuk , tidak terlalu dingin dan indah serta hangat ketika berendam di pemandian air panas. Klo dibogor ada puncak dengan  kebun tehnya maka garut ada puncak darajat dengan kebun stroberynya. Disana juga ada flyingfox bagi yang suka dengan outbond.

Sewaktu pulang kami sempatkan untuk membeli oleh-oleh khas garut, yaitu dodol, banyak berbagai macam dodol disana dan yang terkenal saat ini adalah chocodot, coklat isi dodol. Selain dodol juga ada kerajinan Kulit, disana banyak yang membeli jaket, rompi dan sepatu kulit dengan harga dan bahan yang bisa dilihat sendiri.

Selesai membeli oleh-oleh, terakhir adalah cara perpisahan dengan byonic garut. Acara perpisahan ditandai dengan tukar pin dan stiker yang diwakili oleh korwil masing-masing daerah. Saat itu Byonic Jantan Berhalangan hadir untuk ikut touring jadi diwakilkan oleh Wakil Korwilnya.

Perjalanan pulang kejakarta tidak seperti perjalanan pergi. Untuk pulang kami melewati jalur puncak. yah dan perjalanan puncak ternyata lebih cepat, hanya ditempuh sekitar 6-7 jam. Kenapa yah ko bisa lebih cepat, padahal jarak ke jonggol sebernya lebih dekat. Perjalanan dilakukan bada magrib dan kondisi jalan tentunya tidak macet, lancar dan tidak hujan. Perjalanan pulang tetap melewati Nagreg,bandung, cianjur, puncak lalu bogor dan jakarta. Di daerah Nagreg kalian bisa berfoto di jembatan dan terowonganya selain jalananya yang bagus dan berliku-liku seperti di film Tokyo Drift. Sewaktu melewati cianjur dan mendekati puncak udaranya benar-benar berbeda dengan puncak, serupa tapi tak sama. Udaranya sangat dingin, melebih dingginya daerah puncak, itu saya alami ketiak sudah melewati puncak , udara dingin sudah mulai terasa berkurang.

Bagi kalian yang ingin touring ke Garut. Kalian bisa mempertimbangkan rekomendasi cerita saya ini. Selain membeli oleh-oleh dodol dan chocodot yang terkenal digarut, juga kerajinan jaket kulit, kalian harus mengunjungi puncak darajat dan pulangnya melewati tanjakan, jembatan dan terowongan Nagreg. benar daerah yang seru dan alami.