Rabu, 20 Juni 2012

Bro Aldre (Comunitas C3) Sedang Cornering
TEHNIK DASAR CORNERING - berikut ini saya akan berikan tips connering yang saya dapet dari teman saya yang juga suka cornering. Saya juga masih belajar dalam hal ini. yah belajarnya dimonas aja mas bro. Murah meriah... heeee... monggo silahkan dibaca tutorial yang saya dapat ini dari teman saya.

Cornering atau berbelok pada tikungan, pastinya ada tekniknya agar cornering dapat dilakukan dengan aman dan membawa keselamatan untuk diri sendiri dan orang lain dijalan, cornering berikut dibahas untuk dilakukan pada tikungan-tikungan yang cenderung luas / lebar jalannya. Ada 6 cara berbelok pada tikungan (cornering) yang dapat dilakukan buat awalan yang aman:

1. Kurangi kecepatan ketika akan memasuki tikungan, ambil sisi luar pada lajur (bukan jalur/jalan). Kenapa harus mengambil sisi luar pada jalur? karena hal ini dapat membuat kita melihat keadaan sekitar tikungan yang akan kita lalui.

2. Lihat disekitar tikungan, jangan lihat ke bagian2 motor atau hal-hal lain yang tidak bersangkutan dengan tikungan. Pada saat melihat/memperhatikan tikungan, periksa keadaan disekitar tikungan, mulai dari kondisi jalan, keadaan dari jalur berlawanan, dan lain-lain. Fokuskan pandangan pada aspal(jalan) yang akan kita lalui, buatlah seolah-olah bayangan garis yang akan dilalui oleh motor kita pada aspal di ditikungan tersebut.

3. Rebahkan (condongkan) badan kedepan sedikit, hal ini dilakukan untuk lebih memberikan penekanan pada bagian depan motor dan membuat motor lebih mudah dikendalikan saat akan memasuki tikungan, lebih siap bermanuver, dan lebih pasti dalam melakukan pencengkraman tuas rem. Rebahkan (condongkan) badan sedikit kedepan dan berpegang kuat pada kemudi.

4. Ketika memasuki tikungan, rebahkan badan sesuai dengan arah tikungan yang ingin dilewati. Lakukanlah dengan cara perlahan, hal ini akan membuat motor dengan sendirinya membelok mengikuti arah kemiringan badan kita (*hal ini sering dilakukan oleh pembalap-pembalap motoGP).

5. Selagi motor membelok mengikuti kemiringan arah badan, fokus pandangan tetap pada keadaan jalan, jangan pernah lengah / lepas dari pandangan selama kita melakukan hal ini.

6. Saat motor masuk ke tikungan, perlahan putar gasnya untuk mendapatkan akselerasi, hal ini dapat membantu dalam mempertahankan traksi ban dan stabilitas dalam berkemudi. Tetap waspada dan fokus pada keadaan disekitar!!

Singkat kata dalam prakteknya gini nih….
(saat akan memasuki tikungan): beberapa meter sebelum tikungan ambil sisi paling luar dari jalur yang kita lewati, periksa spion, lakukan pengereman sampai mendapatkan kecepatan yang pas untuk melakukan cornering, liat ke tikungan, badan condong kedepan…

(saat masuk ketikungan): badan direbahkan sesuai dengan arah tikungan yang ingin dilewati, pandangan lurus kedepan, tetap perhatikan segala keadaan pada tikungan dan sekitarnya, putar gas lagi secara perlahan untuk mendapatkan akselerasi… ingat pengendara lah yang mengendalikan motornya, bukan motornya yang mengendalikan pengendaranya.

walaupun sebenernya 50% menyebabkan kematian
30% menyebabkan luka luka tetapi...
"Cornering is not a crime"
Selamat mencoba TEHNIK DASAR CORNERING dan jangan lupa Safety Riding juga pakelah leg protector dan lakukanlah dengan resikomu sendiri :) dan welcome to the club :D

Tagged: